Tuesday 24 April 2012

Sekilas Tentang Inklusi


PENDIDIKAN INKLUSI
Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya apa itu pendidikan inklusi. Ya.. memang masih agak asing bagi kita tentang pengertian inklusi itu sendiri. Ada dua landasan tentang Pendidikan Inklusi yaitu landasan Filosofis dan landasan Yuridis. Berikut pengertiannya.
A.      Landasan Filosofis
Pendidikan inklusi adalah pendidikan yang didasari oleh semangat terbuka untuk merangkul semua kalangan dalam pendidikan. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang berawawasan multikultural  yang membantu peserta didik agar mau menghargai, megerti dan menerima orang lain yang berbeda suku, budaya, kepribadian, nilai dan keterfungsian fisik dan psikologis orang tersebut. Filosofi yang mendasari pendiikan inklusi adalah keyakinan bahwa setiap anak dengan gangguan fisik/mental dan cerdas serta memiliki bakat istimewa berhak untuk memperoleh pendidikan layaknya anak normal  dalam lingkungan yang sama (Education for All). Dalam Arti luas dapat diartikan bahwa anak yang normal maupun yang memiliki kebutuhan khusus selayaknya dapat dididik secara bersama-sama dalam sebuah keberagaman yang ada didalamnya. Mereka tidak semata mengejar kemampuan akademik, tetapi lebih dari itu. Mereka belajar tentang kehidupan itu sendiri.

B.      Landasan Yuridis
1.       UUD 1945 pasal 31 yang dijabarkan dalam UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 tentang pemberian warna lain dalam penyediaan pendidikan bagi anak yag berkelainan
2.       UU No.29 Tahun 2003, juga dijelaskan pada UU No.4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat
3.       PP No.72 tahun 1997 tentang Pendidikan Luar Biasa
4.       SE Dirjen Dikdasmen Depdiknas No.380/C.C6/MN/2003 tentang Rintisan Pelaksanaan Pendidikan Terpadu
Dari kedua landasan tersebut maka terciptalah Pendidikan Inklusi. Mengapa pendidikan Inklusi perlu diadakan atau diterapkan?. Ada beberapa alasan :
1.       Setiap orang atau anak memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan tanpa diskriminasi
2.       Perbedaan merupakan penguat dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi semua orang atau anak
3.       Semua orang atau anak memiliki kemampuan untuk mengikuti pelajaran tanpa memperhatikan kelainan dan kecepatan  yang ada dalam diri mereka
4.       Sekolah dan guru memiliki kemampuan untuk belajar merespon dari kebutuhan pembelajaran yang berbeda
Hal-hal yang saya sebutkan diatas adalah sedikit pengertian dan landasan pendidikan inklusi.

No comments:

Post a Comment