PENDIDIKAN INKLUSI
Mungkin sebagian
dari kita masih bertanya-tanya apa itu pendidikan inklusi. Ya.. memang masih
agak asing bagi kita tentang pengertian inklusi itu sendiri. Ada dua landasan
tentang Pendidikan Inklusi yaitu landasan Filosofis dan landasan Yuridis.
Berikut pengertiannya.
A. Landasan
Filosofis
Pendidikan
inklusi adalah pendidikan yang didasari oleh semangat terbuka untuk merangkul
semua kalangan dalam pendidikan. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang
berawawasan multikultural yang membantu
peserta didik agar mau menghargai, megerti dan menerima orang lain yang berbeda
suku, budaya, kepribadian, nilai dan keterfungsian fisik dan psikologis orang
tersebut. Filosofi yang mendasari pendiikan inklusi adalah keyakinan bahwa
setiap anak dengan gangguan fisik/mental dan cerdas serta memiliki bakat
istimewa berhak untuk memperoleh pendidikan layaknya anak normal dalam lingkungan yang sama (Education for
All). Dalam Arti luas dapat diartikan bahwa anak yang normal maupun yang
memiliki kebutuhan khusus selayaknya dapat dididik secara bersama-sama dalam
sebuah keberagaman yang ada didalamnya. Mereka tidak semata mengejar kemampuan
akademik, tetapi lebih dari itu. Mereka belajar tentang kehidupan itu sendiri.
B. Landasan
Yuridis
1. UUD
1945 pasal 31 yang dijabarkan dalam UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 tentang
pemberian warna lain dalam penyediaan pendidikan bagi anak yag berkelainan
2. UU
No.29 Tahun 2003, juga dijelaskan pada UU No.4 Tahun 1997 tentang penyandang
cacat
3. PP
No.72 tahun 1997 tentang Pendidikan Luar Biasa
4. SE
Dirjen Dikdasmen Depdiknas No.380/C.C6/MN/2003 tentang Rintisan Pelaksanaan
Pendidikan Terpadu
Dari kedua
landasan tersebut maka terciptalah Pendidikan Inklusi. Mengapa pendidikan
Inklusi perlu diadakan atau diterapkan?. Ada beberapa alasan :
1. Setiap
orang atau anak memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
dan tanpa diskriminasi
2. Perbedaan
merupakan penguat dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi semua orang atau
anak
3. Semua
orang atau anak memiliki kemampuan untuk mengikuti pelajaran tanpa
memperhatikan kelainan dan kecepatan
yang ada dalam diri mereka
4. Sekolah
dan guru memiliki kemampuan untuk belajar merespon dari kebutuhan pembelajaran
yang berbeda
Hal-hal yang
saya sebutkan diatas adalah sedikit pengertian dan landasan pendidikan inklusi.
No comments:
Post a Comment