ASSESSMENT
OF PERCEPTUAL SKILLS AND READING
Auditory
Skills and Reading
Kelemahan
Persepsi Anak Tuna Grahita
1.
Poor
Auditory Discrimination (Kesulitan Membedakan Suara)
-
Dimana anak sulit membedakan 2 kata yang
suaranya sama.
Misalkan : pan atau fan
-
Akibat kesulitan membedakan suara
tersebut, menyebabkan persepsi yang salah pada anak, antara 1 kata dengan kata
yang lain.
-
Cara mengetes :
a. Mengenalkan
kata-kata dengan gambar (mencocokkan kata dengan gambar) dengan media kartu
sederhana.
b. Tes
spelling : guru mendektekan / mengeja kata, murid menuliskan.
c. Guru
memberikan 2-3 kata yang hampir sama, lalu meminta siswa mengulang kata-kata
tersebut dan memberi persepsi mereka pada kata-kata tersebut.
·
Contoh :
a. Guru
memberikan / menyebutkan 2 kata (misal : kapas dan kipas). Murid diminta
mencari / mencocokkan gambar sesuai dengan kata yang diminta guru.
b. Guru
mendektekan sebuah kalimat. Misal :
Ibu
membeli duku di pasar, sedangkan kakak membeli buku di toko.
Murid diminta menulis
kalimat tersebut dengan benar, dilihat antara kata duku dan buku
terbalik atau tidak.
c. Guru
mendektekan / membacakan satu kalimat, misal :
Setelah
apel pagi, semua murid diberi apel.
Kemudian murid disuruh
mengucap kembali kalimat tersebut dengan benar, apakah murid dapat mngucapkan
kalimat tersebut dengan tepat.
2.
Auditory
Figure Ground Distractibility
-
Kesulitan menyaring stimulus bunyi /
suara yang tak penting dan terfokus hanya pada satu bunyi.
-
Cara mengetes :
a. Formal
: penyampaian materi dari guru dengan sedikit gangguan bunyi lain.
b. Informal
: permainan pesan dalam suasana kurang tenang.
·
Contoh :
a. Contoh
Formal :
Guru menjelaskan
sesuatu hal, dengan beberapa siswa di dalam kelas dengan memberikan sedikit
keributan / gangguan dalam bentuk suara. (Misal : suara bolpoin, kipas angin,
dll). Jika siswa tidak bisa menangkap apa yang dijelaskan guru dan merasa
terganggu dengan bunyi-bunyi yang sepele, maka anak tersebut mengalami auditory figure ground distractibility.
b. Contoh
Informal :
Melalui permainan,
penyampaian pesan yang dikondisikan dalam waktu singkat dan jarak cukup jauh,
sehingga mungkin menimbulkan sedikit kegaduhan jika anak tidak dapat menerima,
dan /atau menyampaikan pesan maka anak
tersebut diindikasikan mengalami auditory
figure ground distractibility.
3.
Poor
Auditory Analysis
-
Kelemahan dalam menganalisis pendengaran
-
Tidak dapat memecah kata-kata menjadi
rangkaian abjad (per huruf)
-
Tidak mengerti maksud kata yang telah
diucapkan dari dirinya sendiri atau orang lain.
-
Tidak dapat membedakan maksud kata yang
diucapkan (kecuali anak tersebut membaca tersebut di dalam tulisan)
-
Cara mengetes :
a. Mengenalkan
kata dengan huruf yang terpisah-pisah.
b. Guru
mendektekan beberapa kata yang disertai gerakan yang berulang-ulang sehingga
anak bias menghafal maksud dari sebuah kaata tersebut.
c. Guru
mengucapkan dan memperagakan sebuah kata, yang bias dibantu dengan gambar.
Kemudian anak menirukan apa yang dilakukan seorang guru.
·
Contoh :
a. Di
dalam kelas guru telah menyiapkan satu kata yang terdiri dari beberapa kata.
Misal :
Guru menunjukkan gambar
sebuah buku yang di bawahnya tertulis kata buku,
dan menyiapkan kartu yang berisi huruf B
– U – K – U. jika anak tidak dapat menyebutkan satu persatu hurufnya, itu
berarti anak tersebut mengalami poor
auditory analysis.
b. Guru
mengucapkan suatu kata disertai gerakan. Misal :
Kata : “lari dan tari” guru menyebutkan kata
tersebut dengan disertai sedikit gerakan. Jika guru menyuruh siswa melakukan
gerakan sesuai perintahnya dan anak tersebut tidak merespon atau acuh tak acuh
berarti anak tersebut mengalami poor
auditory analysis.
4.
Soft
Blending Difficulty (Kesulitan Suara Campuran)
-
Ketidak mampuan untuk mengamati
rangkaian suarau individu dalam sebuah kata yang bertentangan dalam analisis
pendengaran. Hal ini disebut juga Synthesis
(perpaduan).
-
Cara mengetes :
a. Tahap
awal, guru menunjukkan sebuah kata dan murid dibimbing untuk membaca kata
tersebut dengan mengejanya per huruf.
b. Tahap
selanjutnya, kata yang telah diucapkan, dijelaskan arti dan maknanya oleh guru.
c. Ulangi
bagian kata yang ingin dipahami oleh anak secara berulang kali sehingga anak
benar-benar memahami.
·
Contoh :
a. Guru
menunjukkan kata I B U,
kemudian guru membacakan dan mengejanya per huruf, siswa menirukannya
secara berulang-ulang.
Apabila anak tidak bisa
mengucapkan dan mengeja huruf-huruf tersebut itu artinya anak titu mengalami soft blending difficulty.
5.
Problem
in Auditory Sequential Memory (Masalah Dalam Pendengaran yang Berkaitan Dengan
Memory)
-
Ketidakmampuan anak dalam mengingat
serangkaian kejadian melalui auditori
-
Anak tidak dapat mampu mengulangi nomor
telepon bahkan sebuah kalimat
-
Tidak mampu menceritakan kembali sebuah
kejadian atau cerita, atau nama –nama hari selama satu minggu
-
Cara mengetes :
a. Formal
Anak diberi materi
berupa rekamann kaset atau guru membacakan sebuah cerita, kemudian di akhir
pelajaran guru memberikan evaluasi.
b. Informal
Seperti halnya apa yang
dilakukan di tahap formal, tahap informal pun juga hampir sama proses yang
dilakukannya. Bedanya, dalam tahap informal ini, guru menggunakan sebuah
nyanyian atau beberapa gambar sebagai alat bantu pembelajaran.
·
Contoh :
a. Formal
1. Guru
mencoba memutar kaset yang berisi cerita
2. Siswa
disuruh mendengarkan
3. Setelah
itu secara tahap-demi tahap (misal : memutar kaset per bagian) guru memberikan
evaluasi terhadap anak.
b. Informal
1. Guru
membacakan rangkaian nama hari dalm satu minggu secara berulang. Bisa dibantu
dengan sebuah lagu dengan nada yang mudah diingat.
2. Siswa
disuruh mengulangi apa yang telah diucapkan oleh guru.
babyliss pro titanium flat iron | Titanium Art
ReplyDeletebabyliss pro titanium flat iron The design is ceramic vs titanium curling iron made nano titanium babyliss pro with aluminum-friendly stainless steel blades. This is a titanium eyeglass frames simple workhorse that gold titanium alloy needs to be titanium ranger Rating: 4.8 · 20,985 reviews
x906d3ivztx686 horse dildo,sex chair,love dolls,love dolls,realistic vibrators,Butterfly Vibrator,cheap sex toys,dildo,male sexy toys b492y5szkew274
ReplyDeleteq864m2ekibw514 fake bags s491b8muzqt042
ReplyDelete